Pages

Jumat, 03 Februari 2012

Perubahan Permintaan dan Pergeseran Kurva Permintaan ( Ekonomi Mikro )

Perubahan Permintaan dan Pergeseran Kurva Permintaan


Ketika terjadi perubahan harga, grafik bergerak dari satu titik ke titik lainnya pada kurva permintaan yang sama. Yaitu dari P1 ke P2 dan perubahan kuantitasnya dari Q1 ke Q2. Kita menyebut gerakan sepanjang kurva permintaan ini sebagai perubahan kuantitas yang diminta.


Sekarang mari kita lihat ketika terjadi perubahan bukan harga, misalkan perubahan pendapatan, perubahan selera, perubahan ekspektasi, dll.

Dalam kasus ini, selain terjadi perpindahan dari satu titik ke titik yang lain pada kurva permintaan yang sama, terdapat juga perubahan dalam hubungan mendasar antara harga dan kuantitas. Ini direpresentasikan malalui pergeseran kurva permintaan. Dan pergeseran kurva permintaan ini merujuk kepada perubahan permintaan.


Pada gambar pertama kita mempunyai kenaikan permintaan dimana pergeseran kurva permintaan ke kanan pada sumbu kuantitas, dan gambar kedua penurunan permintaan dimana pergeseran kurva permintaan ke kiri pada sumbu kuantitas.
Kenaikan permintaan : ketika semua harga tetap, kuantitas bergeser dari Q1 ke Q2 untuk setiap harga. Penurunan permintaan : ketika semua harga tetap, kuantitas menurun dari Q2 ke Q1 pada setiap harga.
Mari kita ringkas kembali!
Jika terdapat perubahan bukan harga, kita dapat melihatnya pada kenaikan permintaan dan penurunan permintaan.
Pada kenaikan permintaan, kurva bergeser ke kanan. Untuk setiap kuantitas tertentu yang diminta, konsumen bersedia membayar pada harga yang tinggi dari kuantitas yang dia bayar sebelumnya. Sedangkan pada penurunan permintaan, kurva bergeser ke kiri. Untuk setiap kuantitas tertentu yang diminta, konsumen bersedia membayar hanya pada harga terendah dari kuantitas sebelumnya.
Meskipun ini sudah cukup jelas, kita dapat berfikir perbedaan pergeseran baik horizontal maupun vertikal, hanya melalui kombinasi dari kenaikan permintaan dan penurunan permintaan.
Kenaikan permintaan dapat terjadi apabila :
- Pendapatan untuk barang normal meningkat
- Pendapatan untuk barang inferior menurun
- Harga barang pengganti meningkat
- Harga barang pelengkap menurun
- Selera untuk barang tertentu meningkat
- Jumlah pembeli dalam permintaan pasar meningkat

Penurunan permintaan dapat terjadi apabila :

- Pendapatan untuk barang normal menurun
- Pendapatan untuk barang inferior meningkat
- Harga barang pengganti menurun
- Harga barang pelengkap meningkat
- Selera untuk barang tertentu menurun
- Jumlah pembeli dalam permintaan pasar menurun

0 komentar:

Posting Komentar